JAGA STABILITAS HARGA PANGAN, KEMENDAGRI ADAKAN RAKOR PENGENDALIAN INFLASI DI DAERAH SECARA DARING

Kota Pekalongan Senin (11/9/2023), Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kota Pekalongan mengikuti rapat koordinasi yang diadakan oleh Kemendagri secara daring bersama dengan OPD terkait yang tergabung dalam tim TPID Kota Pekalongan diantaranya Bappeda, BPKAD, Inspektorat, Kejaksaan Negeri, Dindagkop dan UKM, Dinperpa, Dishub, DinsosP2KB, DPUPR dan lainnya di ruang JDIH Bagian Hukum Setda Kota Pekalongan. Rakor tersebut dilaksanakan dengan agenda pembahasan langkah konkret pengendalian inflasi di daerah Tahun 2023.

Adapun tujuan dari rakor tersebut antara lain: untuk memantau dan mengendalikan harga pangan; untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan di daerah; dan untuk menjaga kelancaran distribusi bahan pangan di daerah.

Acara rakor dipimpin oleh Bapak Menteri Dalam Negeri. Dalam arahannya beliau menyampaikan terkait perkembangan inflasi pada bulan Agustus 2023 di daerah-daerah Indonesia yang masih mengalami inflasi tinggi agar menjadi perhatian oleh kepala daerahnya masing-masing dan untuk segera ditindaklanjuti supaya angka inflasi bisa terkendali.
 
Selanjutnya, paparan dari perwakilan Badan Pusat Statistik menyampaikan inflasi pada bulan Agustus 2023 secara nasional sebesar 3,27% (yoy), hal ini masih dalam kisaran angka target inflasi dari pemerintah yaitu sebesar 3+1%. Pada awal bulan September 2023 ini, disampaikan juga bahwa kenaikan indeks perkembangan harga didominasi oleh komoditi beras dan gula pasir baik secara month to month maupun year on year.

Beberapa poin yang dibahas dalam kegiatan rakor pada hari ini antara lain: terkait harga komoditi beras yang terus mengalami kenaikan dalam beberapa bulan terakhir; menjaga ketersediaan stok komoditi beras sampai dengan akhir tahun 2023; dan pengendalian harga komoditi lain yang juga masih mengalami kenaikan seperti cabai merah dan gula pasir.

 
[Tim Media PSDA]